Minggu, 09 Januari 2011

Durhakanya orangtua

Jika selama ini tuduhan durhaka hanya melekat kepada anak saja lantaran tidak hormat pada orangtua,namun ternyata orangtua pun bisa juga durhaka kepada anak.

seperti apa durhakanya orangtua kepada anak?

durhaka orang tua kepada anak antara lain : * tidak mencarikan pasangan orangtua yg baik untuk anak,misalnya seorang laki2 tidak mencarikan calon ibu yg baik untuk anaknya kelak.

ketika seorang akan menikah,saat tujuannya adalah baitul jannati ,yaitu membangun keluarga dan rumah tangga yang sakinah ,serta memperoleh keturunan2 yg sholeh dan sholehah ,tentu harus dipertimbangkan bagaimana pilihan2 kita saat memilih seorang pasangan. apakah dari rahimnya akan keluar keturunan2 sholeh? apakah dia dapat mendidik anak2nya kelak dengan bijak dan sabar?

* durhaka lainnya adalah karena tidak memberikan nama yg baik untuknya,karena nama yg baik adalah doa.
* durhaka lainnya lagi adalah karena tidak mengajarkan alquran dan ilmu bermanfaat lainnya.

jika kita tidak mengajarkan alquran dan ilmu bermanfaat kepada anak2 kita, maka jika si anak kelak akan dihisab (dihitung amalnya antara baik dan buruk) ,si anak bisa minta pertanggung jawaban kedua orangtuanya dulu, jika belum pernah diajarkan tentang hal itu,bisa gagal masuk surga nih sebagai orangtua kalau tidak mengajarkan anaknya dengan baik.

* durhaka lainnya lagi adalah tidak berlaku adil diantara anak2nya itu.

kelak anak ini akan belajar bahwa tidak perlu pula untuk berlaku adil kepada orang lain,naudzubillah

Bertakwalah kepada Allah dan berlakulah adil terhadap anak-anakmu. (HR. Bukhari dan Muslim)

karena anak itu amanah dan titipan ,maka tentu saja kita harus pertanggungjawabkan. Punya anak itu bukan sekedar main2 lho. apa kita mau ,belajar membesarkan anak melalui cara2 yg diajarkan orang tua kita? sementara orang tua kita mungkin juga gagal dalam berumah tangga??

Yuk kita belajar jadi orang tua yang baik dari sekarang ,bagi yg belum punya anak,dengan menimba ilmunya untuk menjadi orang tua yg baik, melalui buku,kursus,seminar,dll. Bagi yg sudah punya anak, juga tetap wajib mencari ilmu terus lho,karena ilmu Allah itu amat banyak,jadi gak ada kata berhenti belajar tentunya :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar