Rabu, 16 Februari 2011

Musibah … Frustasi … Stress dan Cara Menghadapinya

* Kenapa saya diuji ?

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta” (QS. Al-Ankabut : 2-3)

* Kenapa saya tidak mendapatkan apa yang saya idam-idamkan ?

“Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui” (QS. Al-Baqarah : 216)

* Kenapa ujian yang saya alami seberat ini ? Dan apa doa yang harus saya ucapkan ?

“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya.

(Mereka berdo’a): “Rabbana la tu’akhizna in nasina au akhta’na, rabbana wa la tahmil ‘alaina isran kama hamaltahu ‘alal-lazina min qablina, rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lana bih, wa’fu ‘anna, waghfirlana, warhamna anta maulana fansurna ‘alal-qaumil-kafirin“Artinya : Ya Rabb kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami bersalah. Ya Rabb kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang yang sebelum kami. Ya Rabb kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir (QS. Al-Baqarah : 286)

* Tapi bagaimana ? saya sampai frustasi memikirkan masalah saya !!!

“Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman” (QS. Ali Imron :139)

“Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu” (QS. Al-Baqarah : 45)

* Lalu apa yang saya dapat dari semua masalah yang saya hadapi ?

“Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mu’min, diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka, … Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? ” (QS. At-Taubah : 111)

“Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah : “Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki ‘Arsy yang agung” ( QS.At-Taubah : 129 )

* Tapi saya sudah tidak tahan lagi ?

“dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir” (QS. Yusuf : 87)

S U B H A N A L L A H

Mari kita berbenah dan terus berbenah … untuk mempersembahkan yang terbaik dalam masa hidup kita … Dengan torehan kemuliaan dan semangat pantang menyerah … Dimanapun, kapanpun dan dengan siapapun … selama Allah SWT menjadi “… JUST THE ONE GOAL …” Insya Allah akan ‘bahagia’ sebagaimana doa yang sering terlantun untuk kebahagiaan dunia dan akhirat AmIn....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar